Selasa, 02 Maret 2010

Audit pemasaran Nike Strategi

Analisis PEST Nike

Nike, Inc adalah sebuah perseroan terbatas yang mendesain, mengembangkan dan pasar di seluruh dunia atletik alas kaki, pakaian, peralatan dan aksesori. Nike mempekerjakan tradisional maupun non-saluran distribusi tradisional di hampir 200 negara dengan daerah pasar utama di Amerika Serikat, Eropa, Asia Pasifik, dan Amerika.

Nike telah sekitar 20.000 peritel di seluruh dunia termasuk toko pabrik Nike, Nike toko, NikeTowns, Cole Haan toko, dan situs Web yang menjual Nike olahraga dan produk-produk rekreasi. Nike menyumbang 33% dari pangsa pasar global di industri alas kaki atletik.

Analisis pest NIKE
Nike, sebagai sebuah organisasi internasional, perlu fokus pada faktor-faktor lingkungan makro. Faktor-faktor lingkungan makro terdiri Politik, Ekonomi, Masyarakat, dan Teknologi, yaitu, HAMA Analisis.

Analisis Politik
Pemerintah harus menciptakan kebijakan ekonomi yang akan mendorong pertumbuhan bisnis. Nike, untungnya, telah dibantu oleh kebijakan AS yang memungkinkan untuk memajukan produk-produknya. Dukungan yang diberikan kepada Nike oleh pemerintah AS, khususnya dalam stabilitas makroekonomi secara umum, bunga rendah, mata uang yang stabil kondisi dan daya saing internasional dari sistem pajak, membentuk fondasi penting bagi pertumbuhan Nike.

Analisis Ekonomi
Dalam bidang ekonomi, ancaman terbesar untuk Nike akan resesi ekonomi. Selama resesi, pertumbuhan Nike akan dirugikan. Perekonomian AS mengalami penurunan sekarang. Pembelian konsumen melambat. Saat ini, Nike merasakan sejumput resesi ekonomi. Krisis ekonomi Asia juga akan mempengaruhi Nike sejak barang diproduksi di Asia. Biaya tenaga kerja dan harga bahan naik.

Nike pertumbuhan tidak hanya dipengaruhi oleh perekonomian lokal tetapi juga dalam perekonomian internasional. Euro lemah dan resesi Asia bisa berarti penjualan lemah untuk Nike. Hasil keseluruhan dalam penjualan yang dihasilkan oleh Nike dalam sepatu atletik, bagaimanapun, tetap stabil. Membuat pasar global untuk varians dalam penjualan terutama antara musim puncak dan ramping.

Analisis Masyarakat
Orang lebih sadar kesehatan saat ini. Diet dan kesehatan semakin menonjol. Akibatnya, semakin banyak orang yang bergabung dengan klub kebugaran. Ada permintaan yang menyertai produk-produk kebugaran olahraga terutama pakaian, sepatu dan peralatan. Nike adalah di garis depan gelombang permintaan ini sebagai orang-orang mencari sepatu olahraga, pakaian dan peralatan.

Nike Namun, gagal memperkirakan permasalahan yang ditimbulkan oleh pemeras memaparkan mengenai tenaga kerja dan kondisi pabrik di lokasi produksi di Asia. Hal ini menyebabkan publisitas buruk dan penurunan penjualan sebagai masyarakat dan konsumen menuntut lebih banyak tanggung jawab sosial perusahaan.

Analisis Teknologi

Nike menggunakan TI dalam sistem informasi pemasaran yang sangat efektif. Nike berlaku sistem informasi pemasaran ekonomi inovasi, segmentasi dan diferensiasi untuk sebagian besar dari bisnis. Nike berutang status kepemimpinan di sebagian besar penggunaan Teknologi Informasi sangat berharga, dan menerapkannya pada setiap aspek dari produk dari pengembangan distribusi.

Nike, menjadi pemimpin dunia dalam industri alas kaki atletik, mampu memanfaatkan lingkungan secara efektif untuk meningkatkan upaya pemasarannya. Strategi ini telah diterjemahkan ke dalam penjualan kuat produk Nike.

Sumber : http://corporate-marketing-branding.suite101.com/article.cfm/marketing_audit_of_nikes_strategies

Komentar saya :

Saya setuju dengan analisis tersebut karena memang benar bahwa pemerintah harus menciptakan kebijakan ekonomi yang akan mendorong pertumbuhan bisnis, supaya perusahaan yang ada didalam negeri tidak perlu repot-repot mencari investor dari luar negeri. Namun perusahaan juga harus mempertimbangkan akibat dari perekonomian yang sedang terguncang saat ini seperti masalah krisis ekonomi global beberapa saat yang lalu. Karena pertumbuhan perekonomian suatu usaha tidak hanya dipengaruhi dari pihak dalam negeri saja tetapi juga adanya kemungkinan besar dipengaruhi dari pihak luar negeri, apalagi bisnis NIKE adalah tergolong bisnis internasional. Adapun sisi baik dari usaha ini adalah berkembangnya pola pikir masyarakat untuk selalu menjaga kesehatannya dengan berolahraga dan itu berarti membawa dampak baik kepada produsen untuk meraih keuntungan dari hasil penjualan produk olahraganya.

Perusahaan juga harus bisa kreatif untuk memasarkan produk-produknya ataupun mendesain produknya supaya tidak kalah saing dengan perusahaan lain. Sehubungan dengan hal itu maka perusahaan dituntut untuk mengubah sistem IT mereka supaya tidak tertinggal karena kemajuan teknologi yang pesat saat ini. Menarik perhatian konsumen yang akan menjadi tujuan utama suatu perusahaan menciptakan produknya. Karena itu perusahan harus benar-benar bisa menciptakan produk yang unggul ataupun yang sedang diminati konsumen saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar